Inga..Inga..Inga

Dari 'Aisyah rodhiyallohu ‘anha, dia berkata : Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Barangsiapa yang mencari ridho Alloh dengan membuat marah manusia maka Alloh meridhoinya dan menjadikan manusia ridho kepadanya. Dan barangsiapa yang mencari ridho manusia dengan membuat Alloh murka maka Alloh murka kepadanya dan menjadikan manusia murka kepadanya." ( Shohih Ibnu Hibban jilid 2 no. 276 dihasankan oleh Syaikh Syu’aib al-Arnauth rohimahulloh )

Rabu, 17 September 2014

Di antara Doa Rasulullah ~shallallahu 'alaihi wa sallam~ untuk Kaum Muslimin


Oleh Ibnu Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Allah. Tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Dia semata. Milik-Nya seluruh kerajaan dan pujian. Dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Shalawat dan salam untuk Rasulullah, istri-istri dan keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umatnya yang tetap setia dengan Islam dan sunnahnya sampai akhir zaman. Amma ba'du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Allah ‘Azza wa Jalla memberikan kefahaman dan manfaat kepada kita dari hadits Nabi ~shallallalu ‘alaihi wa sallam~ berikut :


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَى رَسُولِ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- رَجُلاَنِ فَكَلَّمَاهُ بِشَىْءٍ لاَ أَدْرِى مَا هُوَ فَأَغْضَبَاهُ فَلَعَنَهُمَا وَسَبَّهُمَا فَلَمَّا خَرَجَا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ مَنْ أَصَابَ مِنَ الْخَيْرِ شَيْئًا مَا أَصَابَهُ هَذَانِ قَالَ : وَمَا ذَاكِ ؟.
قَالَتْ قُلْتُ لَعَنْتَهُمَا وَسَبَبْتَهُمَا قَالَ : أَوَمَا عَلِمْتِ مَا شَارَطْتُ عَلَيْهِ رَبِّى قُلْتُ اللَّهُمَّ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ فَأَىُّ الْمُسْلِمِينَ لَعَنْتُهُ أَوْ سَبَبْتُهُ فَاجْعَلْهُ لَهُ زَكَاةً وَأَجْرًا.

Dari 'Aisyah ~radhiyallahu 'anha~, ia berkata : Dua orang laki-laki menemui Rasulullah ~shallallalu ‘alaihi wa sallam~  lalu mereka membicarakan sesuatu dengan beliau. Aku tidak tahu apa yang dibicarakan hingga keduanya membuat beliau marah. Maka beliau melaknat dan memaki keduanya. Ketika kedua orang itu telah keluar, aku bertanya, 'Ya Rasulullah,  orang itu mendapatkan sedikit kebaikan, dua orang itu telah mendapatkannya.'

Beliau berkata, 'Apakah itu?,'

'Aisyah berkata, 'Engkau telah melaknat dan memaki kedua orang itu.'

Beliau bersabda, 'Tidakkah engkau tahu apa yang aku syaratkan kepada Rabb-ku? Aku berkata,

اللّهم إنّما أنا بشر فأيّ المسلمين لعنته أو سببته فاجعله له زكاة و أجرا

'Allaahumma innamaa ana basyarun, fa ayyul muslimiina la'antuhu aw sababtuhu faj'alhu lahu zakaatan wa ajran

Artinya :

Ya Allah, aku hanyalah seorang manusia, maka muslim mana pun yang pernah aku laknat atau pernah aku maki maka jadikanlah itu semua  sebagai pembersih dosa dan pahala untuknya.


[HSR. Muslim ~rahimahullah~ no.2600 bab man la'anahun Nabi ~shallallalu ‘alaihi wa sallam~]

Saudaraku seislam yang saya muliakan, jika Nabi kita berdoa demikian padahal beliau adalah hamba Allah yang paling bertakwa dan paling berakhlak di hadapan Rabb-nya, paling lembut dan penyayang hatinya serta begitu indah tutur katanya, lalu bagaimana dengan kita??? Tidakkah kita ingin meneladani beliau?? Maka doakalah kebaikan bagi orang-orang yang pernah kita laknat, caci maki atau kita sakiti hatinya baik sengaja atau tidak. Semoga dengan doa yang kita panjatkan itu Allah mengampuni dan memaafkan kita dan memberikan ilham kepada mereka yang pernah kita sakiti itu untuk memaafkan dan memohonkan ampunan untuk kita.

Ya Allah ampunilah kami dan tunjukilah kami kepada apa-apa yang Engkau cintai dan ridhai..

Wallahu a’lam

Demikian dapat disampaikan, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan.

اللّهم إنّما أنا بشر فأيّ المسلمين لعنته أو سببته فاجعله له زكاة و أجرا

'Allaahumma innamaa ana basyarun, fa ayyul muslimiina la'antuhu aw sababtuhu faj'alhu lahu zakaatan wa ajran

Artinya :

Ya Allah, aku hanyalah seorang manusia, maka muslim mana pun yang pernah aku laknat atau pernah aku maki maka jadikanlah itu semua  sebagai pembersih dosa dan pahala untuknya.

آميـن يَا رَبَّ العَالَمِينْ

Wa shallallahu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad